Arti mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal

Tuesday, April 19th 2016. | Arti mimpi
Mimpi ketemu orang meninggal

Mimpi ketemu orang meninggal

Makna mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal – Bagi sebagian orang ada yang menjadikan mimpi bertemu orang yang sudah meninggal merupakan sesuatu hal yang dikhawatirkan. Ada anggapan sebentar lagi juga mau nyusul (meninggal). Tapi ada juga yang mimpi bertemu orang yang sudah meninggal dan dia senang dengan mimpi tersebut, bisa ngobrol atau memberi suatu pesan atau makna. Jika bermimpi bertemu orang yang sudah meninggal dan itu membuatnya takut, maka berlindunglah kepada Allah lalu do’akan orang yang meninggal tersebut. Tapi jika dengan mimpi tersebut kita menjadi senang dan diberi kabar tertentu, maka bersyukurlah karena itu adalah kabar baik yang datangnya dari Allah (dalilnya di bawah).

Orang yang sudah meninggal ia bisa hadir di dalam mimpi untuk memberi kabar atau memberi tahu sesuatu. Misal ada hutang yang belum dibayar, wasiat yang belum tersampaikan atau bahkan memberi tahu amalan-amalan yang tidak diketahui orang-orang lain sebelum meninggal. Misal, orang-orang di sekitarnya nggak tahu kalau orang yang sudah meninggal ini sering berdzikir dalam hatinya sewaktu hidupnya. Dan orang-orang yang ada di sekitarnya menganggap bahwa amalan-amalan orang yang sudah meninggal ini biasa-biasa saja. Bisa tuh pas dalam mimpi orang yang sudah meninggal ini memberikan kabar tentang keadaannya di alamnya dan memberi tahu amalan-amalan yang dilakukannya yang tidak diketahui orang-orang di sekitarnya.

Hal ini bukanlah sesuatu yang aneh karena hal-hal seperti ini pun juga terjadi pada zaman para sahabat nabi. Dan para ulama seperti Ibnu Qayyim dalam bukunya Ar Ruh juga banyak menjelaskan tentang hal ini. Mimpi itu bisa mimpi buruk, itu hanya permainan syetan. Mimpi biasa yang tiada makna, datangnya dari  fikirannya sendiri. Dan juga mimpi kabar baik dan itu datangnya dari Allah. Mimpi itu seringkali mempunyai pesan. Bisa pesan langsung, bisa juga berupa perumpamaan-perumpamaan.

Mimpi itu akan semakin mendekati kebenaran jika orang yang bermimpi tersebut dalam kesehariannya selalu berperilaku jujur. Mimpi itu juga semakin mendekati kebenaran jika sebelum tidur wudhu dulu, berdo’a dan banyak dzikir sehingga selama tidurnya dijaga secara khusus oleh Allah. Mimpi itu juga semakin mendekati kebenaran jika dalam kesehariaannya selalu mengingat Allah, tidak menuhankan apapun dan siapapun kecuali Allah.

“Mimpi salah seorang di antara kalian yang paling mendekati kebenaran adalah mimpi orang yang paling jujur dalam berbicara. Mimpi orang muslim adalah termasuk satu dari empat puluh lima bagian kenabian. Mimpi itu dibagi menjadi tiga kelompok: Mimpi yang baik, yaitu kabar gembira yang datang dari Allah. Mimpi yang menyedihkan, yaitu mimpi yang datang dari setan. Dan mimpi yang datang dari bisikan diri sendiri. (HR. Muslim)”

Artikel di cari :