Kisah nyata misteri penunggu gunung merapi

Friday, March 18th 2016. | Cerita misteri
Gambar hantu gunung merapi

Gambar hantu gunung merapi

Cerita mistis pendaki merapi – Gunung Merapi adalah gunung yang berada di tengah pulau jawa dan merupakan salah satu gunung paling aktif yang berada di Indonesia.Memiliki ketinggian puncak sekitat 2.968 meter dpl,per 2006. Gunung yang berada di klaten, Boyolali, Magelang ini memiliki catatan berbahaya. Gunung ini setiap dua sampai lima tahun selalu mengalami erupsi gunung ini juga di kelilingi oleh pemukiman yang padat.

Selain memiliki tingkat catatan yang berbahaya gunung ini juga memiliki cerita mistis. Konon katanya gunung merapi dianggap sebagai tempat dan pusat kerajaan Jin di indonesia. Tempat tempat yang diyakini angker mulai dari lereng hingga kawahnya.

Mistis gunung merapi

Kerajaan Gaib

Layaknya kerajaan gaib di pantai selatan jawa, gunung merapi juga digambarkan sebagai salah satu kerajaan gaib terbesar di wilayah Jawa. Jika kita mengenal Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut selatan berbeda lagi dengan legenda yang menghiasi kisah ini. konon kerajaan gaib di gunung merapi dipimpin oleh Eyang Merapi dan memiliki beberapa abdi andalannya yang kerap juga disebut-sebu oleh masyarakat.

Adapun makhluk halus yang dikenal sebagai abdi Eyang Merapi adalah sebagai berikut:

  • Nyi Gadung Melati
  • Sapu Jagad
  • Ki Megantara
  • Ki Antaboga
  • Kyai Sapu Angin
  • Mbah Kartadimedja, dan
  • Kyai Petruk

Entah bagaimana nama-nama tersebut dikenal oleh masyarakat, namun yang jelas cerita misteri gunung merapi yang sering diperbincangkan pertama yakni mengenai kisah kerajaan gaib tersebut.

Misteri Pasar Bubrah

Tempat yang sangat hening, namun menghanyutkan. Pasar bubrah memang sudah sangat terkenal bagi para pendaki gunung merapi. Pasalnya di tempat ini banyak sekali para pendaki yang mengalami berbagai kejadian misteri mulai dari melihat penampakan makhluk halus hingga kesurupan. Tak jarang mereka yang memilih mendirikan tenda dekat lokasi ini kerap melihat ramainya tempat itu layaknya pasar di malam hari. Namun ketika pagi datang apa yang mereka lihat pada malam harinya ternyata tak lagi nampak maupun meninggalkan jejak.

Berbagai macam penampakan, kejadian, serta peristiwa yang terjadi di tempat tersebut membuat lokasi yang didominasi oleh bebatuan sisa letusan dikenal dengan sebutan “pasar bubrah” yang berarti “pasar rusak”. Setiap pendaki pasti mengenal dan pernah bermalam di tempat ini.

Misteri Watu Wutoh

Cerita misteri gunung merapi berikutnya yakni tentang watu wutoh. “Watu wutoh” terdiri dari dua kata yakni “watu” yang dalam bahsa indonesia nya berarti “batu” dan “wutoh” yang berarti “utuh” sebagian orang lagi menyebutnya dengan nama gunung wutoh. Banyak cerita yang mengatakan bahwa lokasi ini merupakan sebuah gerbang menuju kerajaan gaib di kawasan merapi. Kisah ini tentu saja tidak serta merta ada melainkan karena sebuah peristiwa yang pernah terjadi di tempat ini. Adalah Ki Juru Martani yang tak lain merupakan paman dari Sutawija (Raja Mataram Pertama) pernah melakukan semedi (bertapa) di tempat ini sebelum Danang Sutawijaya membulatkan tekat untuk membangun sebuah kerajaan di bumi mentaok.

Kala itu diceritkan bahwa Sutawijaya dan Ki Juru Martani bertemu dan keduanya saling berbagi tugas untuk bertapa. Sutawijaya memilih bertapa di kawasan laut selatan (cempuri) yang kemudian memunculkan legenda Nyi Roro Kidul sebagai istri raja Mataram sementara Ki Juru Martani memilih untuk mencari wangsit di lereng merapi tak lain yakni watu wutuh tempatnya. Tak heran jika kebesaran Mataram erat dikaitkan dengan penguasa gaib di laut selatan dan gunung merapi.

Dalam pertapaannya Ki Juru Mertani didatangi oleh seorang wanita cantik yang kemudian dikenal dengan nama Nyi Gadung Melati, konon sosok tersebut merupakan salah satu pasukan terhebat dari Eyang Merapi (Raja Gaib di Merapi). Pada kesempatan tersebut Ki Juru Mertani meminta bantuan serta restu dari Keraton Merapi untuk mendirikan sebuah kerajaan di tanah Mentaok berasama keponakannya. Cerita inilah yang kemudian dikaitkan dengan keangkeran dan kemistikan di lereng merapi baik oleh masyarakat sekitar maupun para pendaki. Bahkan warga sekitar mengaku pernah ada yang bermimpi didatangi oleh Nyi Gadung Melati dan kemudian dikaitkan dengan sebuah wangsit akan meletusnya gunung merapi.

Penjual Tuyul

Kalau gak salah saya pernah menceritakan hal ini dalam artikel yang berbeda, kawasan lereng merapi selain meninggalkan kisah dan cerita misteri tentang penghuni gaib di dalamnya ternyata juga  meninggalkan cerita misteri tentang seseorang yang tinggal di wilayah yang tak jauh dari puncak merapi tersebut.

Artikel di cari :