Makhluk gaib palasik penganut ilmu hitam di minangkabau

Thursday, April 28th 2016. | Cerita misteri
Gambar hantu palasik asli

Gambar hantu palasik asli

Kisah misteri hantu palasik – Palasik sangat tenar di masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat. Palasik menurut cerita, legenda atau kepercayaan orang Minangkabau adalah sejenis makhluk gaib. Menurut kepercayaan Minangkabau palasik bukanlah hantu tetapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi.

Palasik sangat ditakuti oleh ibu-ibu di di Minangkabau yang memiliki balita karena makanan palasik adalah anak bayi/balita, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah mati (dikubur), tergantung dari jenis palasik tersebut.

Ilmu palasik dipercayai sifatnya turun-temurun. Apabila orang tuanya adalah seorang palasik maka anaknya pun akan jadi palasik. Pada umumnya palasik bekerja dengan melepaskan kepalanya. Ada yang badan nya yang berjalan mencari makan dan ada pula yang kepala.

Banyak cerita-cerita rakyat yang menggambarkan sosok Palasik ini. Namun secara umum Palasik selalu digambarkan dengan wujud kepala yang keluar mencari mangsa tanpa bagian tubuh lainnya. Beberapa cerita juga menyebutkan jika bentuk wajah dari Palasik ini sangat buruk dan menyeramkan. Dan untuk mendapatkan serta menyempurnakan sebuah kekuatan ilmu hitam yang tinggi, maka Palasik harus meminum darah bayi baik yang masih ada di dalam kandungan maupun yang telah lahir.

Palasik dipercaya juga sebagai ilmu yang sifatnya turun-temurun. Apabila orang tuanya adalah seorang Palasik, maka anaknya pun akan menjadi Palasik, sebagai penerus pendahulunya. Palasik lebih banyak mencari korbannya pada malam hari, meskipun tidak jarang juga jika ia keluar pada siang hari terutama saat sebuah lingkungan dalam kondisi sepi.

Sudah banyak sekali laporan-laporan mengenai gangguan dan munculnya sosok Palasik dari dulu hingga sekarang. Biasanya, mereka yang mendapat gangguan dan ancaman dari Palasik akan langsung pergi berobat ke tempat orang pintar atau ahli supranatural.

Masyarakat Sumatera Barat umumnya mengetahui tanda-tanda sosok Palasik itu mulai mengancam. Mereka menceritakan bahwa tanda itu bisa dilihat dari kondisi bayi atau balitanya seperti suhu badan tinggi secara tiba-tiba, pucat, menangis terus-menerus terutama pada tengah malam, tidak mau tidur atau susah untuk ditenangkan, lemas mendadak, dan pada ubun-ubun atau ujung kepala tampak cekung.

Selain itu, kondisi di sekitar pun tampak berbeda dari hari biasanya misalnya hawa di sekitar tiba-tiba terasa panas padahal cuaca saat itu cerah dan dingin atau sejuk. Kemudian beberapa hewan ternak terlihat gaduh pada tengah malam, dan terkadang terdengar seperti ada suara-suara desahan halus atau perasaan buruk seperti ada yang sedang mengawasi.

Palasik sendiri konon kabarnya memiliki dua jenis yang berbeda. Yang pertama adalah Palasik Bangkai, jenis Palasik yang suka memakan bangkai dari bayi atau anak kecil yang telah meninggal. Dan yang kedua adalah Palasik Kuduang, yaitu jenis Palasik yang hanya menghisap darah bayi melalui ubun-ubun atau ujung kepala.

Dan Sampai saat ini, sosok Palasik pun dikatakan masih banyak berkeliaran dan mengganggu, khususnya di Sumatera Barat. Terlepas percaya atau tidak, semua itu tergantung pada persepsi Anda masing-masing.

Jenis palasik ada bermacam-macam. Menurut jenis makanannya palasik dapat dibagi sebagai berikut:

  • Yang memakan bayi dalam kandungan sehingga bayi tersebut lahir tanpa ubun-ubun / mati dalam kandungan
  • Yang memakan bayi yang masih rapuh sehingga bayi tersebut sering sakit-sakitan / meninggal
  • Yang memakan mayat bayi yang sudah dikubur

Palasik yang lepas kepalanya disebut Palasik Kuduang. Kuduang artinya terpotong atau buntung. Buntung dalam bahas Minang adalah “kuduang”.

Artikel di cari :