Misteri di balik lagu lingsir wengi ritual memanggil kuntilanak

Thursday, May 5th 2016. | Cerita misteri
Kuntilanak lingsir wengi

Kuntilanak lingsir wengi

Mitos lagu lingsir wengi – Di indonesia siapa yang tidak kenal dengan lagu ini, lagu ini langsung terkenal dikarenakan mitos yang dikaitkan dengan lagu tersebut. dahulu, bagi mereka yang mendengarkan dan menyanyikan lagu ini, maka ketika berada pada bait:

Lagu dalam bahasa asli (Jawa)

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno…
Ojo tangi nggonmu guling…
Awas jo ngetoro…
Aku lagi bang wingo wingo…
Jin setan kang tak utusi…
Dadyo sebarang…

Wojo lelayu sebet…
Menjelang malam, dirimu akan lenyap…
Jangan bangun dari tempat tidurmu…
Awas jangan menampakkan diri…
Aku sedang dalam kemarahan besar…
Jin dan setan yang kuperintah…
Menjadi perantara…
Untuk mencabut nyawamu…

Maka mereka yang menyanyikan dan sampai pada bait di atas, maka bagi yang menyanyikannya akan dijumpai oleh sosok makhluk yang menakutkan dengan nama KUNTILANAK. ketika ada beberapa kisah dari rahasia lagu lingsir wengi ini ketika mereka yang mengaku berjumpa dengan makhluk yang menakutkan tersebut, maka lagu ini pun langsung terkenal di Indonesia dengan ciri khas lagu yang menakutkan.

Lalu, apakah benar lagu lingsir wengi ini memang dapat mendatangkan Setan berupa kuntilanak ketika saat dinyanyikan? oleh karena itu perlu kita teliti bagaimanakah sebenarnya rahasia Lagu Lingsir Wengi ini sesungguhnya.

Dari beberapa sumber dinyatakan bahwa Lagu Lingsir Wengi diciptakan oleh Sunan Kalijaga salah satu tokoh ulama terkenal dengan sebutan WALISONGO yaitu wali diantara wali sembilan yang terkenal dipulau jawa karena mengajarkan kebaikan dengan mengenalkan dan mengajarkan agama islam di tanah jawa. salah satu metode sunan kalijaga dalam mengajarkan adalah dengan lagu dan menerapkan lagu tersebut dalam acara wayang atau perwayangan. hal tersebut disebabkan kegemaran dari masyarakat sekitar yang sangat mencintai kesenian wayang kulit, sehingga dengan cara tersebutlah sunan kalijaga untuk menyampaikan ajaran agama Islam di Indonesia khususnya di pulau jawa saat itu.

Lalu bagaimana bisa lagu ini diasumsikan sebagai lagu pemanggil setan yaitu KUNTILANAK? jika ditelusuri secara mendalam kemungkinan lagu ini menjadi lagu yang misteri yaitu dari lirik lagu dan nadanya yang begitu seram ketika kita mendengarnya, terlebih jika lagu ini kita dengarkan dan nyanyikan pada malam hari, maka rasa takut itu akan selalu datang seiring Mitos yang berkembang mengenai lagu ini.

Lahirnya Lagu Lingsir Wengi melahirkan beberapa wacana, baik yang positif maupun negatif. wacana positif lagu ini adalah sebuah syair-syair sebagai perenungan dalam hidup, ketabahan dalam menghadapi cobaan baik dari manusia maupun dari jin atau setan. lagu ini juga bermakna sebagai doa untuk menolak bencana dan lagu ini juga bertujuan untuk mengingatkan manusia agar mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga terhindar dari bencana dan berbagai masalah.

Artikel di cari :