Mitos dan hukum larangan menyapu di malam hari

Friday, April 15th 2016. | Mitos
Foto menyapu tengah malam

Foto menyapu tengah malam

Hukum menyapu waktu malam – Bagi anda yang dewasa ini mungkin masih teringat akan larangan orang tua jaman dahulu menyapu pada saat malam hari saat masih kecil? Banyak mitos di kalangan masyarakat yang beredar mengenai menyapu di malam hari, adalah bentuk larangan. Pada mitos ini masyarakat dilarang untuk menyapu di malam hari dengan adanya embel-embel berupa akibat yang akan terjadi.

Fakta tentang menyapu di malam hari

“Aja nyapu bengi, mengko dadi perawan tuo (nggak payu rabi)”- jangan menyapu di malam hari, nanti jadi perawan tua atau istilahnya tidak akan segera menikah.

“Jangan menyapu rumah malam hari nanti rezekinya seret”. Itu salah satu contoh mitos yang sudah sangat terkenal di masyarakat kita, Namun perlu dicermati lebih dalam antara mitos dan kenyataan yang ada di tengah masyarakat kita. Mitos mitos itu antara lain :

Nah mitos di atas sering kita dengar katanya kalau menyapu malam malam bisa seret rejeki lah, atau bakalan jadi perawan tua lahatau istilahnya tidak akan segera meniukah, Secara rasional menyapu dimalam hari tidak ada hubungannya dengan tidak laku untuk menikah, namun menyapu di malam hari memiliki makna menyapu di malam hari membuat kotoran yang akan disapu tidak terlihat.

penjelasan logisnya adalah zaman dulu yang belum ada penerangan yang memadai kalau menyapu malam- malam kan tidak tahu apa yang disapu siapa tahu aja yang disapu bukan kotoran tapi duit, anting, gelang yang berharga. jadi bisa seret lah rejeki kalo hilang duit terus. tetapi jaman sekarang yang penerangan sudah menjadi kebutuhan primer pasti tidak usah lagi takut kalau nyapu malam-malam.

Kenapa tidak boleh menyapu di malam hari? Pertanyaan ini pasti sering anda dengar, atau barangkali malah anda pernah juga menanyakannya dalam hati. Larangan menyapu waktu malam memang bukan mitos baru lagi yang berkembang dalam kehidupan sehari-hari kita. Mereka yang merupakan orang tua-tua kadang melarang untuk tidak menyapu halaman rumah atau sampah pada saat hari sudah gelap. Lantas apa mitos dibalik semua itu?

Banyak orang mengatakan apabila membersihkan sampa diwaktu malam hari dapat menyebabkan suatu keadaan buruk yang menjadikan nasib manusia berubah. Dan kepercayaan akan hal itu memang berkembang dalam kehidupan kita, tak heran banyak yang menghubungkannya dengan hal-hal yang berbau mitos.

Meskipun sampah adalah kotoran namun ketika kita hendak menyapunya maka ada baiknya untuk melihat waktu, apakah sudah malam atau belum. Lantas apakah makna tidak boleh menyapu sampa dimalam hari?

Menurut mitos, menyapu sampah ketika hari sudah gelap dapat menyebabkan rezeki hilang atau nasib yang kurang baik akan menimpa kita. Namun apakah hal ini benar adanya?

Kalau untuk mempercayai mitos tersebut memang tidak semua orang dapat menerimanya, namun masih banyak juga yang percaya akan hal tersebut sehingga mereka memilih untuk tidak melanggarnya. Tapi dibalik mitos tersebut kalau kita mau mencermati sebenarnya ada hikmah yang dapat dipetik.

Kesimpulan menyapu di malam hari

Jadi dari semua penjelasan mitos “menyapu di malam hari” diatas kita dapat mengambil sisi positifnya, kenapa tidak boleh menyapu di waktu malam hari? Karena ketika hari sudah gelap maka menyapu sampah bukanlah waktu yang tepat, karena percuma saja sampah tersebut tidak dapat dibersihkan dengan semaksimal mungkin. Juga banyak hal lain yang dapat kita lakukan selain menyapu, misalnya, makan atau istirahat disaat malam hari dan bukan malah membersihkan menyapu. Dan kita juga jangan terlalu percaya karena semua mitos itu hanya peninggalan nenek moyang terdahulu saja.

Artikel di cari :