Mitos pusaka keramat badik suku bugis makassar

Thursday, April 28th 2016. | Mitos
Gambar badik bugis

Gambar badik bugis

Misteri senjata badik – Kemanapun suku Bugis Makassar pasti selalu identik dengan senjata yang satu ini. Selain dari keberanian para penduduk asli Sulawesi Selatan melawan penjajah, ada banyak cerita yang menyeramkan dibalik Badik. Senjata Kecil berukuran selangan atau lebih pendek selalu dihantui pamor yang terkadang sulit untuk diterima oleh akal sehat.

Ammoso. Salah satu cerita seram di balik badik adalah ammoso. Ammoso adalah satu istilah makasar yang secara harfiah berarti beracun. Maksudnya ketika badik digunakan untuk menikam seseorang tidak butuh waktu lama sampai orang tersebut meninggal bahkan tanpa mengeluarkan darah sedikitpun.

Beberapa cerita mengatakan bahwa pamor ammoso ini berasal dari racun yang digunakan saat mencuci badik. Sama halnya dengan keris Jawa yang dilumuri arsenik sehingga tidak butuh waktu lama untuk orang yang tertikam terkena racun yang langsung menyerang jantung. Ini adalah jawaban yang paling ilmiah dari sifat ammoso dari sebuah badik. Namun beberapa cerita terdahulu juga mengatakan bahwa pamor ammoso dari badik muncul dari sang penempa yang mengisinya dengan ilmu (biasanya jin atau ajian). Di desa ibu saya, tidak semua pandai besi mampu mebuat badik, dan pembuat badik biasanya sudah tua-tua, beberapa diantara mereka yang masih tidak dipercaya untuk membuat badik. Tapi kebenaranya entalah, Pamor Ammoso ini masih menjadi misteri.

Selain dari ammoso, banyak badik memiliki cerita dan keunikan tersendiri, seperti badik yang ditunjukan teman saya. Setiap kali dia bepergian selalu membawa badiknya kecuali pada saat ke WC. Suatu ketika ketika saya dan teman berkunjung ke Mall, bahkan detektor logam pun tidak dapat mendeteksinya. Lain lagi dengan badik kakek saya, yang memiliki pamor penunduk. Badik ini biasanya dipakai pada saat pergi melamar atau menawar barang. Konon selama tawaran yang disebutkan masih masuk akal, pasti tujuan kita akan tercapai. Tapi sekarang badiknya sudah hilang dan saya hanya mendapat cerita saja.

Ilmu atau Baca

Ilmu atau baca sudah menjadi rahasia umum di Kota daeng. Beberapa ilmu biasanya memiliki tujuan tersendiri misalnya kebal terhadap senjata tajam, mengusir hujan, menundukkan lawan, pelet bahkan pesugihan untuk kekayaan. Cerita seram juga selalu ada dibalik baca’ atau ilmu. Kabar mengenai tumbal yang dibutuhkan selalu ada di balik ilmu hitam yang dimiliki.

Saya tidak bermaksud rasis, atau mengintimidasi pihak-pihak tertentu, namun beberapa daerah di Sulawesi Selatan diakui memiliki kelibihan dalam hal Baca atau ilmu. Misalnya daerah yang terkenal dengan ilmu yang bisa mengalahkan lawan dengan cara melembekkan kepala (kondisi dimana orang yang dikenai ilmu akan kehilangan tekorak kepalanya) sebut saja Kajang di Bulukumba dan Majene. Kedua daerah tersebut sangat terkenal kesaktian ilmu mereka bahkan membuat orang dari suku lain segan untuk memulai pertengkaran dengan orang-orang dari suku ini.

Lain halnya dengan suku Balocci dalam yang ada di Kaki gunung Bulusaraung, Kabupaten Pangkep. Jika anda pendaki gunung atau paling tidak pernah mendengar keanehan ketika berkunjung di tempat ini. Beberapa cerita tentang ilmu yang telah mendarah daging bagi orang Balocci dalam sangat terkenal di kalangan pecinta alam. Kisah yang saya alami saja sebagai contoh. Seorang teman saya yang kekurangan persediaan air memutuskan untuk meminta air kepada warga di Ballci, meskipun dengan berbagai pertimbangan. Akhirnya kami ke salah satu rumah warga untuk meminta air, sang pemilik rumah pun masuk mengambilkan air. Namun cerita unik muncul setelah warga memberi kami air. Salah satu teman saya baring di bawah kolong rumah tanpa meminta izin sang pemilik rumah. Anehnya teman saya tidak bisa bangun dari kursi tersebut meskipun ia sadar. Parahnya lagi dia tidka berbicara, barulah setelah pemilik rumah keluar menegur kami membuat teman kami bisa bangkit. Sang pemilik rumah hanya berkata yang artinya mungkin seperti. Tiap kampung ada tuanya, lain kampung lain juga tuannya.

Guna-Guna

Untuk cerita yang satu ini mungkin sudah pernah anda saksikan sendiri, Saya sendiri pernah menjadi korban guna-guna yang hampir saja mengambil nyawa saya, namun tuhan masih memberikan saya panjang umur. Guna-guna dapat diartikan sebagai ilmu negatif yang di kirim seseorang dengan bantuan mahluk halus. Orang yang terkena guna-guna akan mudah kerasukan atau merasa terhantui. Saya sendiri telah menyaksikan sebuah bola api yang menggelinding di atas rumah tetangga saya sebelumnya akhirnya tetangga saya mati. Parahnya bola api tersebut tidak langsung pergi namun masuk ke salah satu rumah tetangga saya yang lain hingga akhirnya penghuni rumah tersebut meninggal dalam waktu kurang dari tiga hari Kejadian ini terjadi di Jl Regge Lr 3 sekitar tahun 1999.

Kulau dan Mustika

Berbeda dengan baca yang bisa dipelajari, Kulau atau mustika bisa membawa efek sama hebatnya dengan baca. Kulau juga memiliki berbagai macama jenis dan juga khasiat. Misalnya Kulau Bassi (mustika Besi) yang konon membuat orang tidak akan bisa dilukai oleh benda yang terbuat dari logam. Hal unik benar-beanr terjadi ketika seorang dukun dimaros Mengamuk dan membunuh seorang polisi. Dukun atau sanro yang mengamuk sudah berkali-kali ditembak oleh anggota polisi yang ada namun tidak satupun peluru masuk kedalam kulitnya. Cerita beredar bahwa sang dukun akhirnya mati ketika ditembak dengan peluru yang digunakn terbuat dari emas.

Jenis-jenis kulau ada banyak, Muali dari kulau bassi, Kulau Jene misalnya yang mebuat orang bisa hilang didalam air dan tidak mempan dibakar api. Pernah juga mendengar kulau beras yang bisa membuat pengusaha beras menjadi kaya. Namun sama halnya dengan baca’ kulau juga memiliki pantangan, misalnya kulau bassi tidak boleh digunakan pada saat bepergian menggunakan kapal air.

Artikel di cari :